Jumat, 24 April 2009

Sedikit Tentang Teknik Dasar Biola

teman-teman, karena dominansi kita adalah string, tepatnya BIOLA sih
jadi kebetulan, mau saya kasi tips sederhana mengenai biola
ini adalah beberapa hal penting yang highly recommended untuk dilakukan...

TANGAN KANAN
1. berbentuk oval dan JARI HARUS RILEKS. hal ini mensuport banyak teknik bowing yang membutuhkan kelenturan jari-jemari. dalam kondisi kaku, banyak yang tidak bisa diexecute dengan baik
2. gerakkan lengan bagian atas seperlunya. kurang lebih, untuk not-not yang membutuhkan bow dalam jumlah sedikit, jangan gerakkan lengan atas, hanya gerakkan lengan bawah
3. pergelangan tangan anda sebaiknya juga rileks, tidak ditahan dalam satu posisi
4. jari jemari, jika sudah fasih dilakukan dengan rileks, cobalah untuk merapatkan keempat jari anda dari telunjuk sampai kelingking

TANGAN KIRI
1. tangan kiri anda memang mengangkat beban dari leher biola, tetapi jangan membuat tangan kiri anda menahannya dalam porsi yang besar. biarkan leher biola beristirahat di sana, bukan diangkat !
2. posisi jempol sebaiknya berada di belakang jari-jari lain. hal ini membantu intonasi
3. untuk vibrato, ada dua teknik dasar. teknik pertama yaitu dengan menggerakan pergelangan (HANYA PERGELANGAN), dan yang kedua adalah dengan menggerakkan seluruh lengan. fungsi dua teknik ini berbeda. yang satu cenderung menghasilkan vibrato yang lebih ekstrim, dan yang satunya cenderung lebih stabil. yang penting juga, jempol anda harus rileks dan fleksibel agar tak menghalangi gerakan vibrato

tambahan ga gitu vital karena bukan teknik dasar:
PERMAINAN
1. permainan biola memiliki filosofi yang berbeda dengan piano. biola memakai lebih banyak interpretasi emosi ketimbang piano. kalau anda bermain biola, terutama solo yang ekspresif, nikmatilah lagu anda, dan masuk ke dalamnya !
2. ketika bermain di dalam orkestra, sangat penting untuk menyamakan pitch tiap senar dan tiap nada. jadi, pastikan anda udah nytem sblum latian mulai dan cobalah tangganada dulu
3. hampir tiap lagu memiliki interpretasi yang berbeda. interpretasi ini bukan sesederhana eksekusi dinamika yang tertulis, tetapi bagaimana anda bisa melihat sebuah lagu dalam bentuk abstrak. katakanlah Air, maka interpretasinya adalah seputar udara, dan udara tidak tertulis dalam partitur ini, ini contohnya. interpretasi menentukan jiwa dari lagu yang akan dibawakan. interpretasi tidak pernah salah, tetapi bisa saja dan sangat potensial untuk BERBEDA DARI YANG DIMAKSUDKAN OLEH PENULIS LAGU. tetapi pada akhirnya, yang menentukan kualitas dari sebuah penampilan bukan hanya kesesuaian dengan partitur semata, tetapi juga jiwa yang dibawakan

itu adalah beberapa hal yang saya harap kalian pelajari kalo belom dikuasai
kalo butuh teknik tingkat lanjut, cari di internet aja, banyak kok, hahaha
tapi sejauh ini masih sangat banyak dari kalian yang belum menguasai poin-poin di atas, jadi dibaca dulu aja yang ini !

lastly, hal terpenting dari bermain musik bukanlah struktur keindahannya maupun harmonisasinya.
inti dari musik adalah emosi, yang dalam bahasa abstrak kita sebut sebagai jiwa



-kitti-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar