Kamis, 14 Mei 2009

Bowing

ada hal lucu tentang bowing biola

kalo kamu belajar ke setidaknya 3 guru, akan ada kemungkinan besar bahwa kamu akan menghadapai lebih dari satu macam teknik bowing
dan saya juga bingung sampe diskusi ama temen saya
akirnya karena ga ketemu jawaban pasti, saya juga nyari referensi di internet

kata kunci yang selalu terdapat di setiap artikel itu ada dua
1. bent you thumb (tekuk jempol)
2. keep your hand relaxed (tangan harus rileks)

alasannya simpel
jempol harus bengkok agar manuver yang terjadi ketika kita menaikkan-menurunkan bow itu terjadi dengan smooth, tak ada halangan
dan jelas, tangan harus tetap rileks supaya gerakan2 tidak terhalang
intinya sih, semua teknik bowing akan mengacu ke lagu/permainan
yang membuat kadang menggesek dari satu lagu ke lagu lain itu berbeda

saya melihat banyak referensi pemain biola
termasuk yang amatir dan professional
lupa nama (Pelupa) tapi yang jelas saya juga menemukan keragaman di cara megang bow mereka

pada akhirnya, semua teknik dibuat agar bowing bisa dilakukan dengan baik lah ya
masalah kamu cocok dengan yang mana, itu urusan kamu
tentunya tiap teknik akan memiliki keunggulan dan kekurangan masing2
jadi yang penting, inget dua prinsip di atas
kalo suatu saat kamu menemui kesulitan dalam melakukan teknik bowing, mungkin ada yang salah (gerakan terhambat)
saya pribadi misalnya, ga bisa main dengan kelingking tegang/lurus
makanya saya selalu tekankan ke temen, kelingkingnya jangan ampe lurus gitu
tapi temen saya malah bilang kelingkin itu cuma ornamen
dan selidik lagi, ternyata memang ada banyak teknik bowing

oh ya, saya juga ada referensi dari pakar biola juga
dan bowing mereka beda-beda
lucu ya ?
saya juga pernah baca kebetulan
ada dua teknik umum
yang satu teknik eropa
biasanya tangannya harus rileks, dan tangannya merunduk/miring sehingga beban bow merata di 4 jari (telunjuk-kelingking)
yang satu lagi lupa
yang pasti relatif berbeda dari yang ini
dan di artikel itu tidak ada pembenaran terhadap salah satu teknik
yang pasti ada unggul/kurangnya masing2

lagi-lagi
saya masih agak confused dengan bowing yang beraneka ragam tekniknya
jadi, kalo ada referensi, silahkan diomongin
mari berdiskusi !

1 komentar:

  1. Haha.. gw sih skrang diajarin supaya :
    1. Thumb dan jari tengah saling menyentuh membentuk semacam lingkaran
    2. Bagian dari telunjuk yang digunakan adalah ruas pertama
    3. The rest, ya taro aja naturally.
    4. Dan katanya klo bowing bagian kayunya agak miring ke arah luar..

    BalasHapus